Modifikasi Karbu PE28 dengan Power Jet dan Two Vent, Maknyoss !!


Memaksimalkan karburator dengan cara sedikit memodifikasi karburator guna mendapatkan hasil yang maksimal sudah bukan hal yang aneh untuk jaman sekarang ini. Dari sekedar mengganti nozzle sampai yang agak extreme dengan cara mereamer pun dilakoni oleh para speed lovers.
Nah untuk itu saya akan membagi cerita untuk temen2 speed lovers beberapa cara memaksimalkan karburator (khususnya Keihin PE28)
• POWER JET ADJUSTABLE
Power Jet bekerja pada putaran tinggi seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat, bahan bakar akan terisap kevakuman moncong karbu, kalau di putaran bawah, power jet belum berfungsi. Tugas power jet adalah membantu suplai bahan bakar saat RPM tinggi.
Sebenarnya teknik membuat power jet sudah pernah di ulas sebelumnya oleh tabloid otomotif, Buat yang sayang banget sama karbu ini ada sedikit tips pengembangan membuat power jet tanpa perlu merusak karbu. Cekibrot….
1. Siapkan Velocity stack untuk karbu 28 (ditoko variasi banyak) ato mo bikin ditukang bubut jg boleh.

2. Selang karbu secukupnya ukuran jangan terlalu besar (pakai aja selang sisa yang nempel di karbu).
3. Pilot jet ukuran bebas, tapi klo bisa jangan terlalu besar soalnya klo terlalu besar akan mengurangi fungsi kerjanya. Saya menggunakan pilot jet 38 milik karbu Mikuni FU karena pilot jet Mikuni memiliki drat dibawah & memiliki diameter lebih kecil dibandingkan pilot jet karbu keluaran Keihin

4. Lubangi velocity stack dibagian atas belakang dengan mata bor ± 3mm & di senai (tap drat), lalu pasang pilot jet tadi pada lubang yang sudah ada dratnya di velocity stack. Pasang velocity stack pada karbu dan hubungkan salah satu ujung selang ke pilot jet dan yang ujung satu lagi dihubungkan ke pipa pembungan bensin yang berada di bawah mangkok karbu. Langkah terakhir buka sekrup pembuangan sampai bensin keluar (buka secukupnya & jgn sampai lepas).
This is it, PE 28 with Power Jet Adjustable :D

• TWO VENT (DUA VENTILASI KARBU)
Pada dasarnya tiap karbu sudah memiliki ventilasi udara, namun karburator PE28 Thai ori maupun non ori memiliki satu buah vent beda dengan PE japan & SUDCO yang sudah mempunyai dua buah vent.
Sebelum jauh kita harus mengetahui dulu Fungsi Vent (lubang udara) pada karbu, nah menurut rumah produksi SUDCO Vent berfungsi sebagai “Eliminates post jump bogging from fuel plugged vent passages”. Ya intinya sih mengurangi tenaga drop saat skep terangkat & udara melewati venturi karbu.
Cara ini tidak dianjurkan bagi yang sayang banget karbu, karna tergolong extreem.
Berikut ini tips pembuatannya:
1. Siapkan pipa kecil berdiameter ±4mm dengan panjang ±10mm (bisa pake pipa kecil yang berada di intake motor yang sudah tidak terpakai).

2. Buat jalur vet baru dengan cara melubangi bagian atas vent karbu dengan mata bor ±4mm.

3. Pasang pipa kecil tadi pada lubang yang sudah dibuat dengan cara dipress (lem bagian pinggir pipa agar lebih kuat) & pasang selang agar tidak mudah kemasukan air dari atas saat hujan.
Dan inilah hasil akhir Karbu PE28 dengan Power Jet dan Two Vent
Bagaimana pemirsa, tertarik menerapkan tips dari bro Tata ini di PE28 anda?
Bukan hanya PE28 nya jadi lebih keren setelah ditambahkan power jet dan two vent, performa karbu pun menjadi lebih baik terutama di putaran atas, dan tunggangan anda pun menjadi lebih nikmat dibawa ngacir….:D
Semoga Bermanfaat

3 Responses to "Modifikasi Karbu PE28 dengan Power Jet dan Two Vent, Maknyoss !!"

  1. nice info kaka>>blognya keren, update trs y..& salam blogger....

    jgn lpa flow back me kaka,,

    BalasHapus
  2. Thanks infonya.

    Follow back blog ane ya.

    Sukses selalu

    BalasHapus

- Jika Berkomentar , Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Baik
- Pakai Pilihan Anonymous jika Anda Tidak Mempunyai Blog.

- Di Larang Menautkan Link Secara Langsung
- Di Larang Politics Dalam Bentuk Apapun
- Di Larang Spam

MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK SAYA JAWAB KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.